Fungsi Rumus Find di Excel

Belajar Fungsi Rumus Find di Excel - Inginnya setiap hari ada materi excel yang saya bahas disini. Kebetulan tadi ada yang request tentang bank soal excel ya. Keren juga sih kalau saya memiliki itu. Tapi masih saya kumpulin dulu ya kawan. Pas googling or searching tadi saya mendapatkan sebuah soal yang saya pikir saya harus mengerjakannya menggunakan rumus if karena sel acuannya berbeda, tetapi setelah saya lihat kunci jawabannya ternyata mereka menggunakan rumus FIND untuk mengerjakan soal itu. Bagaimana bisa ya? Klik juga Download Contoh Invoice Faktur Nota di Excel.

Cara Menggunakan Rumus Find pada Excel - FIND sendiri memiliki arti yaitu mencari atau pencarian, atau bisa kita artikan sebagai perintah untuk menemukan atau temukan. Kalau di programming database seperti SQL atau foxpro neh, sering saya gunakan untuk mencari data dan menampilkannya memang. Seperti apa ya cara kerja rumus FIND ini. Nah, disini akan kita bahas secara total ya bagaimana cara menggunakan rumus find yang baik dan benar. Kunjungi juga Modul Materi Microsoft Excel 2016.


Penulisan Rumus FIND :
  • =find(text; sel acuan)

Pembahasan Rumus FIND di Excel - Rumus ini case sensitive kawan, jadi untuk besar kecilnya huruf disini harus sama. Contoh misal kita akan mencari huruf X seperti pada gambar diatas. Maka rumus yang harus kita ketikkan pada sel c3 adalah =FIND("X";B3) dan hasilnya adalah 10 atau dapat kita artikan bahwa 10 yang dimaksud adalah X berada pada urutan huruf ke 10.


Penggabungan Rumus Find dengan Left - Ini yang akan kita jadikan sebuah studi kasus untuk membahas ban soal nanti bahwa kode yang dicari kita bisa gunakan find. Contoh diatas kita hanya membahas tentang menampilkan tulisan belajar dengan rumus find. Yang dijadikan pemisah adalah SPASI atau X juga boleh. Misal :
  • =LEFT(B3;FIND(" ";B3)-1)
  • =LEFT(B3;FIND("X";B3)-3)
Keterangan :
  • Rumus pertama yang dijadikan acuan adalah spasi kawan, untuk angka -1 adalah dari SPASI tersebut dikurangi 1 karakter. Jadilah yang muncul BELAJAR, jika kita menuliskan -2 maka yang akan muncul adalah BELAJA
  • Rumus kedua hanya untuk memperjelas saja sih. Misal kita jadikan acuan X, maka dari X itu untuk memunculkan kalimat belajar adalah -3, tapi ingat, case sensitif ya.

0 Response to "Fungsi Rumus Find di Excel"

Posting Komentar