Cara Mudah Belajar Pivot Table Terbaru

Tutorial Cara Mudah Belajar Pivot Table Terbaru - Saya sendiri ketika membuat tutorial ini masih menggunakan microsoft excel 2007, padahal di laptop saya sendiri sudah terinstal ms excel 2016 lho. :). Sama saja sih intinya ketika kita belajar pivot table mau menggunakan office excel versi berapapun karena menu atau tab ribbon nya sama ada di Insert - Pivot Table. Disini saya akan membuat tutorial sederhana tentang pivot table ya. Ini materi dasar untuk mengenal pivot table itu sendiri. Semoga bisa mudah dimengerti ya. Klik juga Bank Soal Excel Terlengkap.

Pengertian Pivot Table Adalah - Diawal saya belajar tentang excel dan pivot table, saya bertanya apa itu pivot table. Awalnya sih saya mengira fitur ini sama dengan filter dan fungsi sumif serta countif. Pada dasarnya sih sama saja lho. Coba deh ikuti langkah-langkahnya dan coba pahami. Dikutip dari sumber belajarexcel.info PivotTable adalah fitur pada Excel yang memudahkan Anda melihat ringkasan data berupa tabel interaktif , padat informasi dan dapat dilengkapi dengan chart. Hasil analisa dari PivotTable biasanya menjadi dasar laporan manajemen. Pada tutorial singkat ini akan ditunjukkan langkah demi langkah pembuatan dasar PivotTable. Kunjungi juga Studi Kasus Paste Special di Excel.


Langkah-langkah Membuat Pivot Table :

Langkah Pertama : Siapkah dulu datanya ya yang jelas. Temen-temen bisa download pada link di bawah ini. Jika sudah, nanti ada 2 sheet. Temen-temen klik saja yang rekapan. Disini saya hanya menyertakan sedikit data untuk belajar pivot table ya. Gak perlu banyak-banyak biar cepet untuk memahami dan mengerti. Jika sudah download, langsung blog saja table yang ada disana ya. Kemudian Klik Tab Insert --> Pivot Table --> PivotTable. Berikutnya akan muncul kotak dialog pertanyaan sederhana. Klik saja OK :). Kemudian akan tampil tampilan seperti berikut ini.


Langkah Kedua : Jika sebelah kanan sudah muncul seperti gambar disamping. Yang perlu dipahami hanya masalah Kolom dan Baris saja koq. Yang mana mau dijadikan Kolom atau Header dan mana yang mau dijadikan Baris. Kalau sudah melihat hasil dari pivot table itu sendiri pasti mudah memahaminya. Saya sendiri memiliki 6 kolom pada data rekapan tetapi untuk pivot table saya hanya membutuhkan 3 kolom saja yaitu Cabang, Kategori dan Total. Untuk membuat pivot table, langsung saja klik tahan ke bawah ya seperti gambar di atas itu.


Cara Menggunakan Pivot Table - Sementara ini saja yang bisa saya tulis guys. Mau dibilang tutorial sih mungkin terlalu singkan dan tidak detail. Mungkin lebih cocoknya tulisan ini saya beri nama sebagai pivot table review ya. Untuk lebih jelasnya memang langsung praktek, download aja materi pivot table di bawah ini ya. Tapi bukan berupa file pdf guys. Langsung file excel berupa data yang bisa kita gunakan langsung untuk belajar pivot table. Selamat belajar excel ya. Pelajari juga Contoh Kasus Excel Untuk Latihan.

Link Download :

0 Response to "Cara Mudah Belajar Pivot Table Terbaru"

Posting Komentar