Belajar Implementasi Format Cell Excel Tab Number

Tutorial Cara Belajar Implementasi Format Cell Excel Tab Number - Lama sekali ya saya baru menulis kembali tentang microsoft excel ini. Saya masih fokus di blog phc jember guys. Untuk share kali ini saya hanya ingin membahas tentang format cell. Untuk cara cepat menjalankan format cell temen-temen bisa langsung tekan tombol Ctrl + 1 atau tombol control dengan angka satu ya. Jika sukses nanti akan muncul sebuah kotak dialog format cell dengan banyak tab tab gitu. Yang mau saya bahas hanya fokus pada tab number saja ya. Ini saja sudah cukup banyak ilmu yang bisa kita petik. Baca juga Contoh Soal Latihan Excel Format Cell.

Format Cell di Microsoft Excel 2016 - Kebetulan dalam bulan ini saya lagi mengajar anak kelas percepatan a pikmi cleds jember tentang materi microsoft excel dan yang baru saya bahas adalah pembelajaran tentang format cell ini. Lumayan menarik juga koq untuk kita bahas karena buat temen-temen yang baru belajar tentang microsoft excel biasanya masih kesulitan tentang bagaimana cara menggunakan format cell yang baik dan benar. Disini akan coba kita bahas dan kita olah sebaik mungkin tentang praktek format cell di microsoft excel 2007, 2010, 2013 dan 2016 ini ya. Kunjungi juga Contoh Soal Excel If dan Jawabannya.


Keterangan : 
  1. General : Format ini kita pilih jika kita ingin menampilkan teks atau inputan yang kita masukkan pada excel apa adanya tanpa format. General berarti umum.
  2. Number : Saya sering menggunakan format ini untuk memisah ribuan saja. Misalnya seperti yang saya ketikkan di atas untuk 10jt
  3. Currency : Prinsipnya sih sama dengan number ya, ada pemisah ribuannya tapi bedanya ada Rp nya saja gitu. Currency berarti mata uang
  4. Accounting : Ini yang saya suka, jika currency hanya sebatas mata uang saja, maka accounting lebih ke arah laporan keuangan resmi guys. Untuk pemisah Rp nya lebih rapi ada di sebelah kiri jauh.
  5. Date : Tanggal bisa temen-temen jalankan dengan tombol Ctrl + ; biasanya format yang sering digunakan adalah 14 Maret 2011 misalnya.
  6. Time : Masih banyak yang bingung tentang settingan microsoft excel ya. Maksudnya region seperti indonesia dan english. Perbedaannya banyak sih seperti yang pernah saya jelaskan. Misalnya pada jam temen-temen pasti tahu apa bedanya jam 13.00 dan 01.00pm.
  7. Percentage : Ini rumusnya 1/100 gitu ya. Jadi jika kita menuliskan angka 10 atau 10% pada format percentage ini maka sebenarnya yang akan muncul adalah 0.1
  8. Fraction : Ini pecahan guys, misal 1/2 sebenarnya adalah 0.5
  9. Scientific : Biasanya di calculator sering muncul ya. Jika 0 yang tampil terlalu banyak, maka mereka akan menyingkatnya menjadi E yang artinya E+07 artinya 0 nya ada 7
  10. Text : Kalau kita mengetikkan 081 kan pasti hilang ya 0 di depan angka. Maka kita dapat mengakalinya dengan 2 cara. Pertama kita beri tanda ' petik satu dan menggunakan format text ini
  11. Special : Saya gak pernah menggunakannya guys :)
  12. Custom : Pilihan ini bebas sesuai dengan yang kita inginkan, kalau saya pribadi sering menggunakan untuk menambahkan teks di belakang angka. Misalnya 10 Ekor dengan format Custom seperti ini. General "Ekor".


Conditional Formatting di Ms Excel - Sebenarnya pembahasan menarik nantinya ada pada materi conditional formatting ini guys. Kita dapat memformat sebuah cell atau kolom atau baris sesuai dengan kondisi tertentu yang kita inginkan. Ada hubungannya juga sih dengan format cell. Tetapi lebih menarik dan menantang conditional formatting karena disini kita akan banyak bermain dengan logika. Tunggu saja ya materi tentang conditional formatting yang akan saya tulis mendampingi pembahasan format cell ini. Kunjungi juga Bank Soal Excel Terlengkap.

0 Response to "Belajar Implementasi Format Cell Excel Tab Number"

Posting Komentar