Cara Menggunakan Rumus MOD Pada Excel Untuk Mencari Weton

Tutorial Cara Menggunakan Rumus MOD Pada Excel Untuk Mencari Weton - Saya sendiri mengenal rumus mod atau modulus ini ketika masih SMP, terus SMA dikenalkan lagi tapi ya tahunya gitu aja. Mungkin hanya sekedar menghafal sampai saya kuliah akhirnya benar-benar tahu apa itu mod atau modulus. Yap, seperti temen-temen pahami semua, mod atau modulus adalah rumus yang kita gunakan untuk menghitung sisa bagi. Jika : titik dua atau / atau garing atau div pembagian berfungsi untuk membagi. Maka mod atau modulus kita gunakan untuk menghitung sisanya. Jadi pada proses pembagian nanti tidak ada koma, adanya mod atau sisa pembagian. Pelajari dulu rumus saya sebelumnya tentang Cara Mengetahui Hari Lahir Menggunakan Rumus Excel.

Belajar Rumus MOD di Excel - Saya sendiri menggunakan excel 2016, yaitu program pake dari microsoft office 2016, tidak ada masalah koq temen-temen mau menggunakan versi 2007, 2010 ataupun versi 2013 sama saja untuk menuliskan rumusnya. Saya sendiri sempat bertanya, pada kehidupan nyata, rumus modulus ini digunakan untuk apa? Kalau di excel sih bisa kita gunakan untuk mencari hari lahir dan mencari weton kita ya. Cek nanti di bawah ada tutorialnya. Terus waktu kuliah di UNMUH Jember, sempet dijelaskan juga sih kalau mesin ATM yang kita gunakan untuk mengambil uang, itu menggunakan rumus MOD lho. Seperti apa ya implementasinya. Cek dulu yang satu ini Soal Excel Perjalanan Travel dan Rumus.


Contoh Penulisan Rumus MOD di Excel :
  • =mod(number; divisor)

Keterangan :
  • number : angka yang akan kita bagi atau kita cari sisanya. misalnya ada di nilai x.
  • divisor : pembagi misal ada di nilai bagi
Contoh Implementasi :
  • =MOD(B3;C3)
Maka Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :


Mencari Hari Lahir dan Weton Pasaran dengan Rumus MOD - Nah, jika belajar sebuah rumus excel tanpa adanya studi kasus, pasti akan hambar rasanya, seperti sayuran tanpa garam katanya. Kalau saya sih kayak makan gak pakek krupuk :). Kali ini kita akan menggunakan rumus mod atau modulus mencari hasil sisa pembagian untuk hari lahir dan weton pasaran. Hitung-hitungannya sudah ada ya. Di indonesia standard rumus ini yang dipakek. Ya daripada susah ngitung, kita pakek yang sudah paten saja. Selanjutnya tinggal implementasi rumus mod saja di excel. Pelajari juga Penamaan Pada Tabel Range Sel Excel.


Cara Memasukkan Rumus di Excel - Langsung saja ya, untuk mencari hari lahir dan weton, rumus yang kita gunakan sekarang adalah vlookup dan mod. Padahal baru kemaren lho kita belajar mencari hari lahir menggunaan choose weekday. Boleh juga sih sebagai alternatif mana yang termudah untuk dipahami dan diingat. 


Langkah-langah Menulis Rumus di Excel :

Hari Lahir :
  • =VLOOKUP(MOD(C5;7);tb_acuan;2;0)
Weton :
  • =VLOOKUP(MOD(C5;5);tb_acuan;3;0)
Keterangan : 
  • Perbedaan rumus hanya terjadi pada banyanya divisor atau pembagi, jika pada hari lahir dibagi 7 yang mewakili banyaknya hari dan untuk mencari weton kita menggunakan pembagi 5 yang menandakan banyaknya jumlah weton pasaran yaitu 5. Dan hasilnya bisa temen-temem lihat sendiri nanti ya. Kalau dari tabel di atas sih, saya lahirnya Kamis Pahing. Betul itu guys. Kunjungi juga Contoh Soal Excel Untuk Admin Networkdays.

Link Download :

0 Response to "Cara Menggunakan Rumus MOD Pada Excel Untuk Mencari Weton"

Posting Komentar