Cara Mengetahui Hari Lahir Menggunakan Rumus Excel

Tutorial Cara Mengetahui Hari Lahir Menggunakan Rumus Excel - Rumus excel yang satu ini saya dapatkan pada tahun 2004 lalu, waktu itu masih aktif kuliah di pikmi cleds jember. Ya kuliah microsoft office terutama microsoft excel 2000 waktu itu kalau gak salah. Ya disana diajarkan bagaimana cara kita mengetahui hari lahir kita menggunakan rumus excel yang akan kita pelajari ini. Awalnya sih biasa saja, tetapi karena saya pribadi kurang begitu tahu hari apa saya lahir, jadi penasaran juga sih, hari apa saya lahir dan bagaimana cara menggunakan rumus excelnya. Pelajari dulu excel lainnya disini ya Penamaan Pada Tabel Range Sel Excel.

Fungsi Rumus Choose Weekday pada Excel - Rumus choose weekday ini tidak bisa dipisakan, misalkan kita hanya ingin menggunakan rumus choose nya saja, saya belum bisa mengimplementasikannya, choose sendiri berarti memilih. Untuk weekday, kita bisa memisahnya, namun jika kita mencoba menggunakan rumus weekday saja yang akan kita implementasikan pada tanggal, maka yang akan muncul adalah angka, misal untuk kamis munculnya adalah angka 5. Kunjungi juga Contoh Soal Excel Untuk Admin Networkdays.


Langkah-langkah Mengerjakan Rumus Excel untuk Hari Lahir :

Langkah Pertama : Buatlah sebuah format tabel seperti pada gambar diatas, untuk usia dan hari lahir kita akan menggunakan rumus, untuk nama dan tanggal lahir kita isi secara manual ya. Format tabelnya bebas saja, yang penting bagus guys. Untuk penempatan penulisan pada sel berapa itu bebas ya, pokoknya paham saja sih, Saya menuliskannya pada sheet1.


Langkah Kedua : Penulisan rumus choose weekday pada tabel hari lahir seperti gambar di atas guys. Misal,
  1. Nama : Manual
  2. Tanggal Lahir : Manual
  3. Usia : =year(now())-year(c5)
  4. Hari Lahir :
    =CHOOSE(WEEKDAY(C5);"Minggu";"Senin";"Selasa";"Rabu";"Kamis";"Jumat";"Sabtu")

Keterangan :
  • Nama : Manual
  • Tanggal Lahir : Manual sesuai dengan format komputer anda
  • Usia : rumus year digunakan untuk mengambil angka tahunnya saja ya. Jadi misal now() itu untuk tanggal sekarang, sedangkan year(now()) untuk mengambil tahun sekarang saja misalnya 2016.
  • Hari Lahir : Penulisan rumusnya seperti gambar diatas ya, untuk buka kurung dan tutup kurung harus sesuai, hari diawali oleh hari minggu, jangan salah ke senin ya, nanti hasilnya akan beda.

Rumus Mencari Hari Lahir Dengan Excel - Sejauh ini saya hanya bisa mencari hari lahir saja, buat temen-temen yang juga mencari hari lahir dan weton seperti wage, kliwon, manis dan lain sebagainya saya masih belum bisa. Jika sudah ada tutorialnya, nanti akan saya update tutorialnya plus video nya ya. Sementara ini saja yang bisa saya tulis. Buat temen-temen yang lagi iseng belajar excel, tutorial ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk menghilangkan stress dalam belajar excel ya. Kunjungi juga Cara Membuat File PDF di Excel 2016.

0 Response to "Cara Mengetahui Hari Lahir Menggunakan Rumus Excel"

Posting Komentar