Belajar Mengurutkan Data dengan Sort Excel 2016

Tutorial Belajar Mengurutkan Data dengan Sort Excel 2016 - Sebenarnya untuk materi sort atau pengurutan data pada excel ini sangat mudah koq. Tidak ada materi khusus yang perlu dibahas. Mungkin temen-temen perlu pandangan umum saja ya tentang materi sort excel 2016 ini akan saya coba tulis sesederhana mungkin sama halnya seperti yang pernah saya tulis tentang pivot table. Semoga tetap tidak mengurangi kualitas dari materi itu sendiri ya. Klik juga Belajar Menggunakan Conditional Formatting Excel 2016.

Random Sort pada Excel - Kebanyakan dari materi excel yang dibahas memang tentang pembahasan soal-soal dan formula. Ya baik itu berupa rumus ataupun video tutorial gitu aja. Hal-hal sederhana seperti sort dan filter ini memang banyak ditinggalkan atau tidak dibahas. Untuk melengkapi semua materi yang ada di blog www.belajarexcel.web.id ini sekalian saya bahas dan saya tuliskan ya. Contoh studi kasus yang saya ambil adalah tentang nilai anak-anak di PIKMI CLEdS Jember. Baca juga Belajar Rumus Excel Trim dan Len.


Langkah-langkah Menjalankan Studi Kasus Sort Excel 2016 :
  • Block terlebih dahulu kolom nama, l/p, nilai dan keterangan, kecuali no jangan di blok ya
  • Klik Tab Data kemudian pilih Sort. Akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini dan kita bisa sesuaikan mau mengurutkan data menurut kolom yang mana. Misalkan berdasarkan abjad A - Z pada Nama atau Nilai dari nilai terbesar ke terkecil atau nilai terkecil ke terbesar.
  • Sebelum klik OK. Pahami terlebih dahulu ascending dan descending ya.
  • Klik OK dan lihatlah hasilnya.


Custom Sort pada Excel 2016 - Temen-temen juga bisa menggunakan 2 kolom sebagai acuan untuk mengurutkan data ya. Misal kita akan mengurutkan nama dan nilai. Tetapi yang dijadikan sebagai prioritas utama nantinya adalah nama dan nilai akan menjadi yang kedua. Pada beberapa kasus, hal ini juga sering kita gunakan. Dan terakhir nantinya rumus atau formula sort ini akan kita sandingkan dengan filter ya. Tunggu artikel berikutnya tentang filter ya. Kunjungi juga Belajar Implementasi Format Cell Excel Tab Number.

0 Response to "Belajar Mengurutkan Data dengan Sort Excel 2016"

Posting Komentar